-->

Asal - Usul Desa Ngembalrejo Kudus

Di tengah hamparan sawah Desa Ngembalrejo terlihat beberapa buruh tani yang tengah sibuk menanam bibit padi. Diantara hamparan sawah tersebut, terdapat sebuah jalan yang berujung pada sebuah makam.
Karena rasa penasaran,saya mencoba menelusuri jalan tersebut. Di ujung jalan tersebut, kami disambut dengan sebuah gapura bertulisakan Makam Mbah Kamaludin. Langkah kami langsung menuju cungkup makam Mbah Kamaludin, di sana terlihat seorang warga yang tengah berziarah.
Tak lama kemudian, orang tersebut keluar dari cungkup makam. Bergegas, kami menghampiri orang tersebut, untuk menggali informasi tentang sosok Mbah Kalamudin. Pria paruh baya tersebut bernama Masturi, ia merupakan juru kunci makam Mbah Kalamudin.
Dalam obrolan singkat tersebut, ia mengungkapkan jika sampai saat ini warga Desa Ngembalrejo tidak mengetahui secara pasti sosok Mbah Kalamudin. Beberapa warga menyebutkan jika, Mbah Kalamudin merupakan orang dari Kerajaan Mataram.
https://ikinggonem.blogspot.co.id/

"Di daerah makam tersebut, dahulu hanya kawasan makam tua. Suatu ketika, Mbah Sirajuddin (ulama' setempat waktu itu -red) mendapatkan sebuah mimpi, jika di makam tersebut terbaring seorang waliyullah yang bernama Mbah Kalamudin," kata Turi, sapaan karibnya, Kamis (22-03-2018).
Lalu dibangunlah sebuah cungkup makam Mbah Kalamudin. Dari situ, warga Ngembal mengenal Mbah Kalamudin sebagi cikal bakal daerah tersebut.
Kepada saya Turi menceritakan jika beberapa tahun yang lalu, pernah ada seorang peziarah asal Jakarta Timur yang datang ke makam tersebut. Dari peziarah tersebut, Turi mendaptkan informasi bahwa Mbah Kalamudin merupakan mubaligh asal Kota Banten.
Kedatangan Mbah Kalamudin ke Ngembalrejo, lantaran dirinya dikejar-kejar oleh pasukan Kerajaan Mataram Hindu. Di Ngembal tersebut, Mbah Kalamudin dan beberapa santrinya berhasil dibunuh oleh pasukan Kerajaan Mataram Hindu tersebut.
"Mbah Kalamudin diburu dan dibunuh oleh pasukan Kerajaan Mataram, karena ia menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Lantas, untuk menghentikan hal tersebut, Raja Kerajaan Mataram Hindu mengutus pasukannya untuk membunuh Mbah Kalamudin." ucap Turi. (NNC/RM)

0 Response to "Asal - Usul Desa Ngembalrejo Kudus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel