-->

Asal Usul Desa Ngemplak Undaan Kudus

 Desa Ngemplak, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, dahulunya merupakan sebuah lautan yang membentang luas. Pada masa itu, daerah tersebut menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal dari berbagai macam daerah.

Beberapa bukti yang menunjukkan bahwa daerah tersebut dahulu merupakan sebuah laut, yaitu dengan berdirinya sebuah Klenteng Hok Tik Bio yang ada di Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. "Sebagian besar masyarakat Tionghoa membangun Klenteng di daerah pesisir pantai, karena pantai merupakan tempat yang strategis di masa itu," ungkap Sunarto (61), Selasa (06-02-2018).

Tak hanya itu, bukti lain yang menunjukkan bahwa daerah tersebut merupakan bekas lautan adalah ditemukannya sejumlah pasir dan karang. Sunarto menceritakan, jika pernah ada seorang warga yang menggebur atau membuat sumur hingga kedalaman 90 meter. Di kedalaman tersebut, ditemukan sejumlah pasir dan kerang yang menunjukkan bahwa daerah tersebut merupakan bekas lautan.

Lautan luas tersebut kemudian surut dan digunakan sebagai pemukiman yang diberi nama Desa Ngemplak pada tahun 1947. "Nama tersebut diambil dari awal mula daerah tersebut yang berupa lautan yang ngemplak-ngemplak (membentang luas tidak ada yang menghalangi -red)," katanya.

Adapun cikal bakal dari Desa Ngemplak adalah Syekh Abdurrahman, yang hingga kini belum diketahui bagaimana sejarah perjalanan dan dimana makamnya. Meskipun seperti itu, masyarakat Ngemplak tetap menghormati Syekh Abdurrahman sebagai tokoh cikal bakal daerah tersebut.

"Kami hanya mendapatkan kabar dari sejumlah ulama' dan leluhur, jika Syekh Abdurrahman merupakan cikal bakal dari daerah ini. Hingga kini masyarakat Ngemplak masih mencari tahu dimana makam dari Syekh Abdurrahman dan bagaimana kiprahnya di daerah ini," pungkas Sunarto. 

1 Response to "Asal Usul Desa Ngemplak Undaan Kudus"

  1. boleh minta kontak penulis?
    kalau bisa mau tanya banyak soal asal usul daerah sekitar undaan dan jati

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel